.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0; margin:0;font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:4px double #e2e7b4; } .breadcrumbs a { text-decoration:none; color: #000000; }

G.f.a Productiom

DCM Galeri Headline Animator

Friday, April 5, 2013

Pengertian Recording ,Mixing & Mastering

type='html'>


Yang belum paham mengenai istilah Recording ,Mixing & Mastering. Kali ini saya akan menjelaskan dikit satu persatu. 

1. RECORDING--> adalah teknik perekaman dimana masing- masing instrument direkam secara bergantian. Teknik ini pertama dikenalkan oleh Les Paul kalo gak salah sekitar taun 60an. Dalam teknik ini, player bisa sedikit santai karena bisa mengulang part-nya berkali-kali. Bahkan dgn keajaiban Digital multitrack recording, apabila kita melakukan kesalahan, kita gak perlu mengulang seluruh bagian, cukup yg salah aja.

2. MIXING--> Melibatkan beberapa proses didalamnya. Proses tsb antara lain: Equalizing; proses pewarnaan sound, Panning; pengaturan stereo juga Reverberation; penambahan efek suara reverb terhadap hasil rekaman...!!! Sehingga dibutuhkan Sound Engineer yg handal.

3. MASTERING--> adalah tahap akhir, mastering adalah menyamakan gain/besarnya volume sesuai dengan standard broadcast internasional ,sehingga ada perlakuan khusus dan ada indikator "level" khusus, bukan secara kasar membesarkan volume sembarangan....ada ketentuannya juga lho. Agar tidak pecah jika diputar di radio, televisi dan disemua media, lagu kamu tetap terdengar stabil dgn lagu2 yg udah ngetop lainnya. Tahap mastering juga mengakibatkan sound menjadi lebih detail terdengar, lebih warm & megah. 

View the original article here

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik di sini untuk melihat:


Entri Populer

Grasak Fuck Audio Production

Archives

Followers

Search Engine

Loading
x

join to my fans at facebook