.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0; margin:0;font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:4px double #e2e7b4; } .breadcrumbs a { text-decoration:none; color: #000000; }

G.f.a Productiom

DCM Galeri Headline Animator

Friday, April 5, 2013

TIPS buat Vokalis yang mau rekaman

type='html'>


Mungkin sedikit tips ini bisa bermanfaat buat vokalis yang mau rekaman ,antaralain:

1. Artikulasi Kata ,bernyanyilah seperti kita berbicara. Maka si pendengar  lagu akan bisa menangkap dengan jelas apa yang kita sampaikan. Kalau kita sudah bernyanyi dgn jelas seperti orang berbicara, maka tidak sadar pula bahwa kita sudah bernyanyi dgn padat.
2. Jarak Mic ,saat rekaman... jarak yg baik adalah berjarak 1 jengkal tangan antara mic dan bibir kita atau 15-24  cm, karena bila kita bernyanyi dekat sekali dengan mic akan menimbulkan suara “beb” (letupan) ataupun “desis” (hizzing) yg terlalu berlebihan.
3. Soul / Penjiwaan ,ini sangat penting buat seorang penyanyi. Karena rasa itu digunakan tuk menyampaikan apa isi dari lirik lagu yg dinyanyikan ,disini lah letak pentingnya dinamika bernyanyi, krn bisa memainkan emosi pendengar. Meskipun penyanyi tdk lagi sedih tapi harus  nyanyi sedih. Jika hal itu sudah bisa kamu pahami dan jiwai, dijamin suara kamu bakal terdengar lebih baik. 
4. Compressor,Fungsinya untuk mengompres vokal yg terlalu besar  dinamikanya. Sbenarnya manusia sendiri punya compressor, teriak tapi tidak peak. Caranya menahan alunan tenaga dari diaphragm ke pita suara, tapi tidak mengurangi nada/tone vokal kita. Itulah yang disebut “level control”. Diperlukan teknik serta latihan yang cukup  untuk dapat menguasainya dengan baik. Berlatihlah dari sekarang :-)
5. Tone Vokal ,Mungkin vokal bervolume kecil bisa di manipulasi dgn berbagai macam  peralatan compressor sehingga terdengar menjadi keras. Tapi sesungguhnya  vokal itu hanya keras tapi tidak bertenaga (powerless). Oleh dari itu maksimalkan ‘tone vocal’ Anda.
6. Jaga Kesehatan ,sebelum rekaman alangkah baiknya vokalis menjaga kesehatannya, jgn sampai terkena flu yg akhirnya menderita suara bindeng. Apabila bindeng, suara kamu dengan musik  tidak akan menyatu atau suara tidak mengikuti tune musik atau biasa disebut FALS. Meski saat ini banyak software yang berguna untuk meng-tune kan suara vokal kamu, namun lebih natural lebih bagus :-)
7. Pemanasan ,beberapa jam sebelum rekaman / tracking vocal, biasakan  relaksasi atau pemansan agar pita suara gak kaget saat nanti rekaman.
8. Koreksi ,tanpa ada satupun plug in atau efek yang menempel di track kita. Apakah sdh puas dgn hasil rekamannya?.. Klo belum ulangi. Bernyanyi itu tergantung mood atau perasaan hati, jadi jagalah mood itu  baik-baik selama kamu melakukan rekaman vokal. Jangan tegang dan jangan ragu untuk meminta pendapat dari operator studio atau orang yang berada saat kita rekaman.

View the original article here

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik di sini untuk melihat:


Entri Populer

Grasak Fuck Audio Production

Archives

Followers

Search Engine

Loading
x

join to my fans at facebook