.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0; margin:0;font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:4px double #e2e7b4; } .breadcrumbs a { text-decoration:none; color: #000000; }

G.f.a Productiom

DCM Galeri Headline Animator

Thursday, April 4, 2013

10 TIPS SONGWRITING ( part 1 )

type='html'>
10 TIPS SONGWRITING ( part 1 )
by Kokoh Yanuar ( www.kokohyanuar.com | www.soscourse.com )

Songwriter/Composer adalah orang yang mempunyai tugas yang cukup berat dalam sebuah rantai industri musik. Mereka adalah penggagas cikal bakal dari sebuah produk yang akan dinyanyikan oleh penyanyi profesional dan dirilis oleh label rekaman.

Memang menentukan sebuah komposisi campuran antara Melody Lagu dan Lirik Lagu bersifat subyektif (murni berdasarkan taste dari tiap-tiap individu). Namun jika subyektifitas dari songwriter tersebut ternyata tidak sesuai dengan subyektifitas dari para pendengarnya maka saat itulah sebuah lagu dinyatakan sebagai “Lagu Jelek”.  Namun sebaliknya, jika intuisi dan subyektifitas dari songwriter ternyata mirip dengan keinginan atau subyektifitas dari kebanyakan para pendengar maka lagu tersebut di cap sebagai “Lagu Bagus”.

Nah bagaimanakah tips buat para songwriter pemula agar bisa menghasilkan sebuah produk ( lagu ) dengan melodi dan lirik yang banyak pendengar umum menyukainya ?. Berikut sedikit tips dari saya, sejauh pengalaman saya sebagai songwriter juga.


1.      Sering Dengarkan Lagu Referensi
Jika anda ingin membuat lagu Jazz, maka seringlah mendengar lagu Jazz. Jika ingin membuat sebuah lagu Rock, maka seringlah mendengarkan lagu Rock. Kita layaknya spons yang sangat mudah “meniru” sesuatu yang sering kita dengar atau lihat. Ini bukan “menjiplak”, tapi kita hanya berusaha untuk mengambil nuansa lagu dan kita isi dengan komposisi melody dan lirik lagu sesuai dengan yang kita inginkan. Inilah fungsi dari Lagu  Referensi.




2.      Jangan Terpaku Dengan Sebuah Instrumen Musik Untuk Memulai Proses Songwriting
Songwriter pemula paling banyak memakai cara seperti berikut. “Main Gitar – Mencoba menyusun melodi  sampai dirasa enak didengeri – kemudian membuat lirik”. Nah mengapa main gitar, karena gitar adalah instrumen musik yang paling dikuasai. Hal ini bukan salah, namun jika songwriter pemula belum bisa membuat melodi lagu yang tidak terpengaruh oleh chord gitar maka bisa dipastikan lagu yang dibuat ya seperti itu-itu saja.
Pernahkan anda mencoba memulai membuat sebuah lagu dengan bermain gitar menggunakan chord C, apa yang terjadi ?. Mayoritas anda akan memulai mengeluarkan not sesuai dengan isi darichord C. Jika tidak Do, Mi, ya Sol. Hal tersebut terjadi karena isi dari chord C adalah Do, Mi, dan Sol. Itulah maksud saya.
Nah, Try Something New !. Buatlah lagu dengan instrumen yang tidak mengeluarkan misalnya. Drum atau Kajon adalah pilihan terbaik. Atau anda bisa juga mencoba mulai memainkan instrumen yang bukan sebagai instrumen favorit anda, misalnya instrumen Bass. Dijamin pasti ada melody melody lagu yang tidak terproduksi sebelumnya yang akan muncul.



3.      Buat Lagu Dengan Komposisi Chord Yang Mudah
Konsep Lagu yang “Easy Listening” adalah lagu yang mudah untuk “Dimengerti” oleh para pendengar. Maksud dari kata “Dimengerti” disini adalah lagu tersebut mudah dimengerti secara chord maupun secara messagedari lagu tersebut. Buatlah chord dengan komposisi yang mudah atau “seakan-akan mudah” dimainkan oleh pendengar yang ingin memainkan lagu tersebut. Bukan tidak boleh menggunakan chord yang susah, namun jika pendengar tidak bisa memainkan chorditu menggantinya dengan chord yang lebih mudah, lagu tersebut masih bisa dimainkan dengan baik.





View the original article here

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik di sini untuk melihat:


Entri Populer

Grasak Fuck Audio Production

Archives

Followers

Search Engine

Loading
x

join to my fans at facebook