.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0; margin:0;font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:4px double #e2e7b4; } .breadcrumbs a { text-decoration:none; color: #000000; }

G.f.a Productiom

DCM Galeri Headline Animator

Saturday, April 28, 2012

Installasi EZ Drummer di Steinberg Cubase dan FL Studio / Fruity Loops

Meneruskan review tentang drum sebelumnya yang berjudul Software virtual instrument untuk drum (drum simulator). Saat ini saya ingin berbagi tutorial bagaimana menginstal software virtual drum EZ Drummer Steinberg Cubase dan FL Studio atau lebih dikenal dengan Fruity Loops. Seperti yang saya jelaskan pada review tersebut, EZ Drummer ada software drum yang menurut saya paling mudah digunakan. Bagaimana tidak, pengaturan yang ada di host EZ Drummer ini hanyalah sebuah mixer yang hanya bisa mengatur volume dan suara ruangan (atau bisa dibilang reverb). Namun jangan berkecil hati terlebih dahulu bagi EZ Drummer user. Karena software virtual drum ini masing-masing tracknya bisa di routing ke track dan dapat di edit di mixer yang ada di DAW loh, sehingga anda dapat menggunakan effect/VST lain pada masing-masing kit yang sudah di routing ke track di DAW nya. Wah saya agak rancu malah menjelaskannya (maklum pemula). Mungkin nanti saya akan bahas pada artikel selanjutnya.

EZ Drummer adalah software virtual drum yang saya pakai pertama kali, kurang lebih 2 sampai 3 tahun lalu saya mengenal software EZ Drummer ini. Malah saya mengenal EZ Drummer terlebih dahulu dibandingkan mengenal Fruity Loops aka FL Studio. Pada posting ini, saya akan menjelaskan bagaimana menginstal EZ Drummer di Cubase dan juga FL Studio hingga nanti sedikit menjelaskan bagaimana menggunakan nya dan fitur apa yang ada di EZ Drummer ini.

Oke kita mulai dengan setting path VST plugins pada DAW dan atau Sequencer nya terlebih dahulu. Dimulai dari Steinberg Cubase. (NB: Klik gambar/image untuk memperbesar/memperjelas gambar)

Buka terlebih dahulu program Steinberg Cubase nya. Lalu pergi ke menu Device - Plug-in Information.

Lalu akan membuka sebuah window seperti gambar seperti ini

Klik tulisan/button VST 2.x Plug-in Paths, dan akan membuka sebuah window seperti gamber berikut

Nah coba lihat pada window tersebut, saya menyeting Shared Folder vst nya pada forder C:\Program Files\Steinberg\VstPlugins. Anda bisa menyeting folder mana saja sesui keinginan anda. Apabila ingin menyeting sebuah folder baru untuk menaruh Vst anda, klik Add

Lalu klik Make New Folder ditempat yang anda inginkan, lalu rename sesuai dengan nama yang anda inginkan (contoh: ini folder plugins)

Klik OK, lalu pilih path folder yang barusan anda buat, dan klik Set as Shared Folder


Tapi itu sebuah contoh loh yah.. dalam tutorial ini saya tetap memakai Shared Folder vst nya di C:\Program Files\Steinberg\VstPlugins

Nah setting path VST di Steinberg Cubase selesai, lalu bagaimana dengan FL studio alias Fruity loops? saya merekomendasikan agar folder yang dipakai juga sama dengan folder VST di Steinberg Cubase, mengapa? karena nanti semua plugins yang terinstal di Steinberg Cubase juga bisa dipakai di FL studio alias Fruity loops.

Cara setting nya, pertama tentu anda harus membuka program FL studio alias Fruity loops nya terlebih dahulu. Lalu pergi ke menu Option - File Settings

Lalu akan terbuka sebuah window seperti gambar dibawah ini
Coba lihat bagian VST plugins extra search folder, disana terlihat path folder yang saya gunakan sama dengan path folder vst yang ada di Steinberg Cubase diatas, yaitu C:\Program Files\Steinberg\VstPlugins .

Apabila di program FL studio aka Fruity Loops anda path foldernya berbeda, klik gambar folder (disamping kanan tulisan path nya) lalu pilih folder yang sama dengan path folder yang dipakai di Steinberg Cubase.

Oke, setelah muter-muter menyeting path folder VST, saat nya menginstal EZ Drummer. Apabila anda sudah mempunyai Installer Ez Drummer, anda akan mempunyai beberapa file dan folder seperti gambar dibawah ini

Klik dua kali folder Install, lalu pilih folder PC (karna saya memakai Windows)


Nah nanti anda akan menemukan file dan folder seperti gambar dibawah ini


Coba lihat, disana ada dua installer, EZdrummer Installer.msi dan EZX Cocktail Installer.msi. Nah lo apa itu EZX Cocktail? walau saya tidak pernah memakainya, saya tetap menginstalnya kok, lumayan untuk iseng-iseng, EZX Cocktail itu kit tambahan yang user interfacenya seperti gambar dibawah ini.

kebayang kan bagaimana bunyi nya.

Oke kembali lagi kebahasan, klik dua kali file EZdrummer Installer.msi.

Lalu terbuka sebuah window, klik Next


LICENSE AGREEMENT, pilih I accept terms in the lisence agreement, lalu klik tombol Next lagi


Lalu pilih Complete, kecil kok ukuran size komplit nya, klik next lagi

Lalu klik Install

Tunggu hingga proses installasi selesai

Lalu klik Finish apabila sudah selesai

Kalu di DVD Installer ada file untuk update, tinggal instal saja, sama kok caranya seperti menginstal EZ drummer nya. Lakukan hal yang sama dengan Installer EZX Cocktail Installer.msi.

Waduh.. sudah panjang yah artikelnya, kita potong disini saja, nanti saya akan lanjutkan untuk test drive, lalu cara menggunakan dan membuat beat drum menggunakan EZ Drummer di Steinberg Cubase dan FL Studio atau lebih dikenal dengan Fruity Loops, dan lain-lain, so... tunggu saja yah ;)

Distorsi.net
Home RecordingStudio Rekaman


View the Original article

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik di sini untuk melihat:


Entri Populer

Grasak Fuck Audio Production

Archives

Followers

Search Engine

Loading
x

join to my fans at facebook