.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0; margin:0;font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:4px double #e2e7b4; } .breadcrumbs a { text-decoration:none; color: #000000; }

G.f.a Productiom

DCM Galeri Headline Animator

Saturday, April 28, 2012

Mengatasi masalah Vari Audio di cubase 5 yang terasa berat

Vari audio, jika anda memakai software DAW steinberg cubase 5, anda mungkin tidak asing lagi dengan fitur untuk mengedit vocal yang bernama Vari audio. Apabila belum, sudah pasti anda sangat rugi, karena fitur editing vocal yang bernama vari audio ini sangatlah power full untuk mengedit pitch vocal, bahkan instrument! yup, saya sering sekali memakai fitur Vari Audio ini untuk editing pitch instrument bass :). Bagi anda yang belum mengetahui apa itu Vari Audio, dan bagaimana cara menggunakannya, coba ke artikel saya yang berjudul Mengedit pitch vocal yang fals dengan Steinberg Cubase 5 di http://www.distorsi.net/2010/08/mengedit-pitch-vocal-yang-fals-dengan.html.

Oke, saya akan sedikit cerita terlebih dahulu masalah yang baru-baru ini saya alami saat memakai fitur Vari Audio di studio saya. Belum lama ini saya baru saja pindah studio rekaman yang saya jalani saat ini. Karena satu dan lain hal, akhirnya saya merakit komputer baru untuk studio rekaman yang baru tersebut. Spesifikasinya lumayan jauh lebih baik daripada spesifikasi komputer di studio rekaman saya yang lama. Namun tentunya software dan Sistem operasinya tetap sama seperti studio rekaman lama saya. yaitu:

- Windows XP SP3
- Steinberg Cubase 5
- Addictive Drums
- FX Pansion BFD2
- EZ Drummer + Expansionnya
- Keluarga Amplitube
- Keluarga Guitar Rig
- Wave bundle
- EQWL Silver Edition
- FL Studio 8 (walau versi lama tapi udah telanjur jatuh hati :p )
- Dan puluhan VST, VSTI maupun sample lainnya yang saya ndak bisa sebutin satu-persatu

Nothing special alias tidak ada perubahan sama sekali software yang saya gunakan di studio lama dengan yang di studio baru. Dan masih "Working" hingga saat saya harus editing pitch vocal menggunakan Vari Audio untuk sebuah band yang sedang saya rekam. Apa masalah nya? Setelah menjalankan fitur Vari Audio, sistem komputer saya menjadi begitu berat, lambat, lag dan memuakan ( #halah lebay :p ). untuk mem-play aja tuh sulitnya bukan main. Saya berpikir saat itu mungkin ada yang salah dengan driver nya... dan ternyata? tidak ada masalah sama sekali. Driver yang saya gunakan adalah driver Asio terupdate bawaan Soundcard / Audio Interface saya.

Oh iya, sebelumnya, pada saat saya belum memakai fitur Vari Audio. Semua berjalan dengan normal, saya pun telah banyak menggunakan plugins-plugins yang saya rasa memang sangat berat atau menguras resource dari CPU. Tapi ya berjalan sangat sempurna, tidak ada lag sama sekali.

Setelah berpusing ria + emosi + binggung karna tidak tahu sebabnya, akhirnya saya menyerah, dan menunda pekerjaan editing pitch vocal tersebut (maunya sih langsung mau tanya sama om google, tapi apa daya distudio rekaman yang baru belum dipasaing modem :p ). Keesokannya saya mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya, dan akhirnya saya dapat jawabannya di http://www.gearslutz.com/board/music-computers/481884-cubase-5-tuning-vocals-using-vari-audio-slows-down-system.html Apabila anda mampunyai masalah yang sama, saya coba menjelaskan bagaimana cara mengatasinya.

Pertama buka Explorer
Lalu kemenu Tools - Folder Options

Lihat gambar dibawah ini (ini hanya untuk menyeting agar hidden folder bisa terlihat)

Sesudah itu pergi ke c:\Documents and Settings\(*Your user account*)\Application Data\Steinberg

Contoh kalau ditempat saya C:\Documents and Settings\Administrator\Application Data\Steinberg

Lalu cari folder yang bernama Cubase 5, dan delete atau pindahkan ke folder mana saja yang ada suka

Lalu jalankan Steinberg Cubase 5 anda, dan tunggu beberapa saat (agak sedikit lama) karena cubase butuh waktu untuk meng-recreate semua internal database, dan men-scan kembali pulgins-pulgins anda :)

Semoga bemanfaat :D

Lihat tutorial lain tentang Recording



View the Original article

1 comment:

jay said...

bang sy mau tanya cubase 5 sy knpa ya waktu mau instalizing plugin'a error pas waktu mau diopen aplikasi cubase'a..
tolong dibantu bang

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik di sini untuk melihat:


Entri Populer

Grasak Fuck Audio Production

Archives

Followers

Search Engine

Loading
x

join to my fans at facebook