.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0; margin:0;font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:4px double #e2e7b4; } .breadcrumbs a { text-decoration:none; color: #000000; }

G.f.a Productiom

DCM Galeri Headline Animator

Monday, April 30, 2012

9 langkah untuk produksi musik

9 langkah untuk produksi musik

Sebelum duduk di depan alat peraga alias my studio called udetstudio, Saya melakukan analisa dan survey terlebih dahulu tentang si artist dan karakternya. Setelah itu banyak mendengarkan segala jenis musik baik itu soul, hiphop, pop, jazz, chill out, dance, dangdung, hehe..dan sebagainya. Karena ide suatu pemilihan tema musik baik itu bagan drum, sound, pattern bass, chord, chorus dll timbul dari berbagai jenis musik dan tidak mesti hiphop soul yang kebetulan menjadi fokus saya. Hal di atas juga dapat melatih pendengaran alias kuping yg merupakan investasi yang paling penting untuk memproduksi suatu musik. Jadi intinya memproduksi suatu musik adalaaah kuping, saya ulangi KUUUUPIING !!!

Berikut step-step saya dalam mem-produce suatu musik yang kebanyakan hiphop music, sbb :
1. Sebelum memulai baca Bismillah dan niatkan semoga mendapatkan ide2 gila untuk sound, bagan, dll dan  musik ini dapat menghibur orang banyak  dan dapat bermanfaat bagi yang mendengarkan dan menjadi amal jariyah :)
2. Membuat bagan beat drum secara kasar monoton terlebih dahulu gpp. Untuk drum ini sendiri, karakteristik sound baik itu kick, snare, dan hihat menurut saya faktor penentu dalam musik hip hop . Pernah saya memerlukan waktu seharian penuh bahkan beberapa hari untuk oprek abis untuk sound drum agar kick, snare, hihat menjadi “kawin” apalagi di tambah bass..JOSS !!! tapi karena sering “latian kuping” utk denger maka proses pembuatan akan makin cepet. Practice make perfect and make faster..hehe..
3. Jika drum sudah jadi, maka saya membuat chord sesuai tema lagu. Kalau lagu ceria atau jualan.. ya mayor tapi mayor bukan sembarang mayor loh..ya tambahan lah hehe. Misal AM/D dimana AM bassnya di D apalagi tambah AM7/D wah bakal nambah

Lihat tutorial lain tentang Recording

1 comment:

mc lasarus said...

mantap bang
semoga saya bisa terapkan
hehehehe

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik di sini untuk melihat:


Entri Populer

Grasak Fuck Audio Production

Archives

Followers

Search Engine

Loading
x

join to my fans at facebook